About

10 Bahaya dan Cara Belanja Online

Assalamualaikum wr wb
10 Bahaya dan Cara Belanja Online

Untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara dan Bahaya Belanja Online . Pada zaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata "online" iya kan ? Menurut survei Indonesia berada di peringkat -8 dengan hampir 82juta pengguna internet di indonesia .
Internet memang memiliki banyak manfaat , tapi juga menimbulkan dampak negatif seperti pornografi , penipuan dan masih banyak lagi . Apalagi sekarang banyak situs situs Jual Beli Online .Belanja Online memang mempunyai keuntungan tersendiri seperti tidak perlu repot bertemu dengan si penjual , tidak mengeluarkan ongkos trasnportasi dan masing banyak lagi . Tapi masih banyak bahaya yang mengintai belanja online . 
Beberapa Bahaya Jual Beli Online :

1.Ketagihan 


Banyaknya keuntungan yang di tawarkan belanja online .Itu akan membuat anda menjadi ketagihan sehingga anda menjadi boros . Untuk itu batasi lah anda untuk Belanja Online agar tidak kecanduan

2.Tidak Bisa Mengecek Barang secara lebih Detail


Karena proses transaksi tidak bertatap muka antara si penjual dengan si pembeli itu juga berdampak 
sehingga anda tidak bisa mengecek barang langsung di depan mata 

3.Proses Pembayaran 


Demi keamanan lebih baik pilih opsi Cash on Delivery . Jika menggunakan Kartu Kredit itu akan berbagi informasi tentang Rekening anda .

4.Syarat dan Ketentuan yang Kurang Jelas


Pilihlah situs Jual Beli Online dengan Syarat dan ketentuan yang jelas . Bacalah dengan teliti sebelum membeli . Banyak Syarat dan Ketentuan yang dapat menjebak si pembeli jika tidak di baca dengan teliti

5.Penipuan


Banyak cerita yang beredar tentang penipuan Belanja Online . Misalnya anda membeli sepatu dengan grade ORI , tapi setelah di kirim malam KW .Itu akan merugikan bagi si pembeli .

Untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan tersebut saya kan berbagi sedikit tips dan trik belanja online
Berikut  Tips dan Trik Belanja Online

1.Kunjungi Toko Online Terpercaya


Lakukan survei ke situs yang terpercaya jangan abal abal , supaya bisa terjamin saat anda membeli produk dari situs tersebut . Cermati toko online tersebut guna mengantisipasi terjadinya penipuan .

2.Pilih Barang Dengan Teliti


Tentu sebelum anda menentukan barang yang akan beli , pasti anda memilih terlebih dahulu kan ?
Cari tau tentang  informasi dan spesifikasi mengenai barang tersebut .Yang paling penting anda harus teliti saat memilih barang .

3.Cari Toko Online yang menyediakan Garansi


Kenapa begitu ? karena tentunya anda tidak ingin menyesal setelah barang berada di tangan anda kan ? Jika hal itu terjadi maka anda bisa meminta ganti rugi . Pilihlah Toko Online yang bebas biaya pengiriman (free ongkir)

4.Periksa  Status Toko Online


Karena  tidak semua toko online yang merupakan grosir dan memiliki stok barang yang di tawarkan . Banyak toko online yang bersifat afiliasi atau hanya menawarkan produk milik orang lain . 

5.  Lakukan Transaksi secara Aman


Transaksi adalah proses puncak dalam proses jual beli . Karena dalam Jual Beli Online  proses transaksi tidak dilakukan secara langsung atau si penjual dan pembeli tidak bertatap muka . Untuk menghindari penipuan , maka lakukanlah dengan aman .

Semoga dengan mengikuti tips dan trik belanja online , berita tentang penipuan di belanja online semakin berkurang . Semoga Bermanfaat 
Wassalamualaikum wr . wb

 

14 Responses to "10 Bahaya dan Cara Belanja Online "

  1. Betuh tuh, tapi tetap saja Penipuan sulit dihindarkan. Bahkan oleh situs terpercaya.. Baru baru ini pulsagame yang memiliki reputasi sangat baik tetapi lama kelamaan si pemilik pulsagame bawa kabur saldo member membernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita harus pinter pinter kalo mau beli online

      Delete
  2. Paling sering penipuan tuwh gan, ane jg pernah ngalamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Tapi itu bisa di jadikan pelajaran agar lebih hati hati

      Delete
  3. saya aja ampe ketagihan belanja online om , uang suka abis :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo sudah ketagihan kadang ngga pikir panjang main beli aja wkwk .

      Delete
  4. makasih gan jadi nambah ilmu ane

    ReplyDelete
  5. wah bermanfaat nih artikelnya :D

    ReplyDelete
  6. jelas kita itu harus hati hati dalam belanja online iya ga min

    ReplyDelete
  7. Entah Kenapa gua takut belanja online :v

    ReplyDelete