About

10 Cara Mengatasi Susah Tidur

  Insomnia atau sulit tidur pasti pernah di alami setiap orang . Insomnia seolah olah menjadi teman yang menghampiri pada malam hari . Tapi jika insomnia terjadi secara berkepanjangan maka akan mengganggu produktivitas Anda .

10 Tips Mengatasi Susah Tidur
 Sebuah study mengungkapkan orang yang tidurnya kurang dari 5 jam selama sehari mudah terkena penyakit seperti demam dan infeksi . Aktivitas  Anda seharian bahkan sampai larut malam membuat waktu istirahat tidak teratur yang berdampak bagi kesehatan .
  Setidaknya tidur 8 jam sehari agar memberikan kesegaran bagi tubuh di pagi hari . Selain itu dengan cukup tidur akan menjaga kulit tetap sehat .
  Untuk mengatasi masalah insomnia ada banyak cara yang bisa Anda lakukan
Berikut Tips Jitu mengatasi Susah Tidur


1.Matikan Gawai


Pada era modern manusia tidak bisa lepas dari gawai bahkan hingga tempat tidur . Dengan mematikannya akan memberikan tubuh untuk beristirahat dengan maksimal . Sebelum tidur matikan gawai seperti smartphone,laptop dan TV


2.Rutinitas Sebelum Tidur


Sebelum tidur alangkah baiknya Anda melakukan kegiatan seperti membaca buku , yoga dan mendengarkan musik . Dengan begitu otak akkan terbiasa mengidentifikasi aktivitas menjelang tidur .


3.Matikan Semua Lampu


Jika Anda sedang mengalami insomnia lebih baik untuk menjaga ruangan agar tetap gelap . Dengan begitu Anda dapat terlelap dengan mudah . Salah satu faktor susah tidur yaitu dengan membiarkan
 lampu tetap menyala .


4.Mengatur Nafas


Mengatur Nafas Anda secara teratur bisa membuat tubuh dan pikiran rileks . Dr. Rosenberg mengatakan dengan berfokus pada nafas teratur itu akan mengontrol pikiran sehingga mudah tidur .


5.Atur Suhu Kamar


Suhu kamar yang tinggi bisa membuat Anda susah tidur karena tidak nyaman . Atur lah suhu kamar hingga Anda merasa nyaman yakni sekitar 18-20 C° .


6.Hindari Kopi


Kafein yang terkandung pada kopi dapat membuat mata dan otak Anda tetap terjaga . Kafein bisa bertahan selama 6 jam dalam tubuh . Kurangi lah minum kopi menjelang jam tidur Anda .


7.Buat Kamar Rapi


Salah satu faktor yang menyebabkan sulit tidur yaitu kamar yang berantakan . Bereskan semua barang yang akan membut tidure Anda terganggu .


8.Jam Tidur Teratur


Tidur pada jam yang sama setiap hari akan meminimalisir Anda mengalami insomnia . Cobalah untuk mengatur waktu tidur pada jam yang sama setiap hari .


9.Rutin Berolahraga


Dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dan menurunkan neutropik yang akan mengatur suasana hati dan membuat Anda lebih rileks . Sehingga mata akan terpejam dengan sendirinya .


10.Ubah Pola Pikir


Mengubah pola pikir bahwa tidur yang cukup akan membuat Anda beraktivitas lebih baik . Selain itu cukup tidur juga secara tidak langsung menjaga kesehatan tubuh . Dengan mengubah pola pikir Anda tentang tidur akan membuat tidur Anda lebih nyenyak .

Demikian artikel yang dapat sampaikan tentang 10 tips mengatasi susah tidur semoga bermanfaat

8 Responses to "10 Cara Mengatasi Susah Tidur"

  1. Hmm sepertinya dari semua point yang disebutkan diatas hanya beberapa saja yang saya jalankan tapi walaupun hanya beberapa rasanya sudah nikmat kok.

    ReplyDelete
  2. Waah ini cocok banget buat ane yang sering susah tidur Gan :D

    ReplyDelete
  3. minum kopi aja deh gan,kalau susah tidur mahh :v

    ReplyDelete
  4. +1 tipsnya dengerin lagu Almarhum Bang Haji Rhoma aja dah, jangan begadang ! hehe

    ReplyDelete
  5. makasih gan tips kesehatannya :) ane juga suka insomnia ni hehe

    ReplyDelete