About

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara
Assalamualaikum wr wb

  Siapa yang ridak kenal Pesona Dataran Tinggi Dieng ?
Ya , pasti semua orang mengetahui keindahan alam dieng . Apabila suka dengan tempat yang tinggi maka dienglah solusinya .
  Seperti istilah Dieng Negri Khayangan yang artinya Dieng negri di atas awan . Dengan berkunjung ke Dieng maka Anda akan mengetahui senerapa Maha Besar Allah swt .

  Dieng merupakan kawasan vulkanis yang masih aktif dan orang sering menyebutnya gunung api raksasa uang memiliki beberapa kawah . Itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena terdapat fenomena alam yang luar biasa .
  Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng sendiri termasuk dalam dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo .

Tetapi pada kali ini saya akan membahas Obyek wisata Dieng yang masih termasuk dalam Kabupaten Banjarnegara saja . Sesuai dengan tema " Mayuh Plesir Maring Banjarnegara " atau ayo "Wisata Ke Banjarnegara " . Berikut Tempat wisata Dieng di Banjarnegara yang wajib di Kunjungi :

 

Candi Arjuna

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara
 
Kebanyakan orang tidak mengetahui kalau komplek candi Arjuna dieng masih dalam Kab.Banjarnegara . Mereka mengira bahwa komplek candi Arjuna kepunyaan Wonosobo , tapi itu salah besar . Di kompleks candi arjuna juga terdapat candi Semar , Candi Srikandi candi Sembadra dan Candi Puntadewa . Candi Arjuna berukuran 6 x 6 meter yang menghadap ke arah barat dan terletak Paling utara dari candi yang lain

 

Kawah Sikidang
Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara
 

  Setelah puas melihat Candi , Obyek yag tidak boleh di lewatkan yaitu Kawah Sikidang . Kawah Sikidang terletak di desa dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara . Ketika memasuki kawah akan terlihat lubang besar yang mengeluarkan asap , lubang besar itu di yakini kawah utama di masa lalu . Saat ini kawah utama berada cukup jauh dari pintu masuk sekitar 1 kilometer .
  Karena letak kawah utama yang suka berpindah pindah maka di berinama Sikidang atau dalam bahasa Indonesia berarti Kijang yang senang melompat ke sana kemari . Selain itu juga ada legenda masyarakat yang beredar di Kawah Sikidang . Untuk mengetahui legendanya silahkan baca Legenda Kawah Sikidang
 Kawah ini merupakan salah satu kawah yang termasuk dalam kabupaten Banjarnegara . Kawah ini menyuguhkan pemandangan eksotis . Untuk keamanan lebih baik jangan melihat terlalu dekat , karena semburan air kawah dari dalam perut bumi bisa berbahaya . Jika Anda hobi ngetrail , ATV dan berkuda jangan khawatir Anda bisa menyewanya untuk mengelilingi Kawah Sikidang.



Telaga Merdada

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara

 Telaga Merdada terletak di Desa Karang Tengah Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara . Telaga ini di kelilingi dua Bukit pangonan dan Bukit Summerep sehingga semakin menambah keindahan jika Anda berkunjung ke sana .  Telaga ini merupakan yang  terluas di Dataran Tinggi Dieng sekitar 25 hektare sehingga di berinama " merdada " atau "dada" yang berarti lapang atau luas .
  Seluruh air Telaga  Merdada merupakan tampungan air hujan ,  akibatnya jika musim kemarau tiba telaga ini biasanya akan kering . Padahal kehidupan petani sekitar bergantung pada Telaga ini untuk mengairi kebun kebun mereka . Untuk biaya masuknya hanya sebesar 5000 rupiah saja . jadi Anda harus mencobanya ya jika berkunjung ke Dieng .



Telaga Dringo

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara

   Telaga Dringo terletak di Desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara . Telaga Dringo merupakan Telaga tertinggi di Dataran Tinggi Dieng . Nama Drigo diambil dari tumbuhan yang tumbuh di sekitar telaga maka warga sekitar sering menyebutnya dengan Telaga Dringo .
   Sayangnya jalan menuju Telaga ini belum terlalu bagus tapi semua itu akan terbayar dengan keindahan alam yang membentang sepanjang perjalanan menuju Telaga Dringo . Telaga ini  banyak kalangan menilai bahwa Dringo  Ranokumbolonya Jawa . Jadi buat apa harus jauh jauh ke Gunung Semeru kalau di Banjarnegara juga ada ?



Semur Jalatunda

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara


  Sumur Jalatunda terletak di Pekasiran , Batur , Banjarnegara . Meski namanya Sumur Jalatunda tapi bentuknya beda jauh dengan sumur pada umumnya . Sumur Jalatunda lebih mirip dengan air yang tergenang di rawa rawa .
   Menurut warga sekitar asal mula di berinama "Sumur Jalatunda " ada beberapa pendapat yang berbeda . Salah satunya ada putri cantik nan jelita tetapi tidak di sertai dengan hati yang baik . Konon putri cantik itu sering meminta tumbal untuk di tenggelamkan ke dalam sumur . Anda harus menaiki anak tangga kurang lebih sejumlah 257 anak tangga untuk menuju Sumur Jalatunda .


Candi Bima

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara



   Candi bima merupakan salah satu candi dari sederetan candi yang ada di Dataran tinggi Dieng . lokasinya mudah di kunjungi karena tepi jalan sebelum pintu masuk kawah Sikidang . Candi Bima di perkirakan di bangun pada awal abad ke 9 dengan ukuran sekitar 4,5 x 4,5 meter dan tinggi 8 meter .
   Di keempat  Candi Bima juga terdapat relief padma yang semaikn menambah kesan megah nan indah .Komplek Candi Bima tidak terlalu luas namun tertata rapi yang membuat nyaman di pandang mata .


Kawah Candradimuka

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara


  Kawah Candradimuka berada di Pekasiran ,Batur , Banjarnegara . Untuk menuju Kawah membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama . Kawah ini terletak di atas bukit yang lumayan tinggi dengan jarak kurang lebih 6 kilometer dengan trek menanjak .
   Kawah Candradimuka masih tergolong kawah yang aktif sehingga masih sering muncul semburan gas dari kawah . Kawah ini yang cukup luas memudahkan pengunjung melihat kawah dan aktivitasnya dari sisi mana saja dengan jarak yang cukup dekat . Legenda yang beredar di masyarakat , di sinilah tempat Gatotkaca di rebus sehingga memperoleh kesaktian otot kawat balung wesi atau otot kawat tulang besi .



Kawah Sileri

Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara

Kawah Sileri terletak di Desa Kepaksiran , atur , Banjarnegara . Kawah memiliki luas sekitar 4 hektar dan dapat di tembuh hanya sekitar 15 saja dengan jarak 7 kilometer . Sepanjang perjalanan Anda akan menjumpai banyak asap karena di sekitar desa yang dilewati merupakan pengeboran untuk PLTU .
    Kawah Sileri merupakan kawah yang paling aktif dan sudah pernah meletus beberapa kali . Tapi jangan khawatir , saat ini kondisi Kawah Sileri sangat aman untuk di kunjungi . Nama Sileri di ambil dari " leri " atau air bekas cucuian beras . Air kawah yang berwarna putih keabuan dan mengalir ke sungai dolog sehingga di berinama sileri


   Museum Kailasa


 Nama Kailasa berasal dari nama salah satu gunung tempat Dewa Syiwa tinggal . Museum ini terletak di Desa Dieng Kulon  , Batur ,  Banjarnegara . Museum ini kaya akan benda sejarah , kebudayaan  hingga flora dan fauna . Tidak hanya itu museum ini juga di lengkapi fasilitas eperti toilt , mushola , cafe , gaze bo yang sangat cocok untuk melepas lelah dan penat sambil memandang pemandanagan alam yang ciamik desa Dieng dan Candi Arjuna
  Di dalam nya terdapat berbagai arca , makala ,mala , kemuncak atau atap candi lingga dan yoning , tungku , nandi atau tunggangan Dewa Syiwa dan Dewi durga yang berbadan singa dan berkepala sapi , mahakala , batu penutup , mahkluk khayangan atau kinara kinari dan Dewa yang memiliki tiga wajah yaitu silva trisirah .


   Setelah mengenal Obyek Wisata Dieng Banjarnegara pasti membuat Anda tidak sabar untuk segera mengunjunginya kan ? Tidak hanya tempat Wisatanya saja yang Indah , Banjarnegara juga memeiliki berbagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dari indonesia maupun mancanegara . Tenang sesampainya di Banjarnegara pasti anda akan di sambut dengan ramah oleh warga Banjarnegara . sebisa mungkin jangan buang sampah sembarangan ya , karena nyampah sembarangan itu ngga asik men .  Ajak teman dan keluarga ya agar liburan Anda lebih kece :D .

Sumber :
http://budparbanjarnegara.com
http://eventbanjarnegara.com
http://indonesiakaya.com
http://panduanwisatadieng.com




  






 

0 Response to "Pesona Dieng Negri Khayangan Banjarnegara"

Post a Comment